Dekorasi Kamar Tidur Kecil: Hal Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Kamar tidur kecil mungkin agak sulit didekorasi. Akibatnya, kamar tidur kecil menjadi ruang yang tak disukai, tanpa kepribadian, dan tanpa karakter. Pasalnya, pemilik rumah kerap merasa takut membuat kesalahan dalam dekorasi kamar tidur kecil. Sebaliknya, kamar tidur cadangan (seperti kamar tamu) yang berukuran kecil kerap menjadi ‘gudang’ penyimpanan barang-barang yang jarang dipakai, seperti peralatan fitness, tas, koper, atau bahkan rak jemur pakaian.

Dekorasi kamar tidur kecil bergaya hotel (Homejpg)
Dekorasi kamar tidur kecil bergaya hotel (Homejpg)

Dekorasi Kamar Tidur Kecil: Hal Yang Boleh Dilakukan

Kamar tidur utama biasanya dirancang cukup besar untuk menampung tempat tidur maupun lemari. Namun, kamar tidur kedua, ketiga, dan seterusnya terkadang justru tidak mendapat perhatian yang cukup. Lalu, bagaimana cara merancang dekorasi kamar tidur minimalis berukuran kecil agar tetap indah dan bermanfaat? Berikut adalah hal-hal yang dapat anda lakukan:

Meniru gaya hotel

Hotel boutique biasanya memiliki kamar tidur yang kecil; namun, tamu jarang menyadarinya karena kamar didekorasi sedemikian rupa, sehingga terkesan tetap lapang. Anda bisa meniru beberapa triknya: seperti: headboard plus pelapis, bantal mewah, dan banyak bantal menghadirkan naunsa mewah. Anda juga bisa meletakkan meja atau sekedar rak kecil di sisi tempat tidur.

Gunakan Headboard Multi-Fungsi

Headboard yang dirancang dengan desain multi-fungsi dapat menghemat pemakaian ruang tanpa harus menggunakan dinding yang lain. Dengan demikian, dekorasi interior kamar tidur tetap bernuansa minimalis dan lapang. Misalnya, anda bisa menggunakan area di kiri, kanan, dan atas headbaord sebagai rak untuk memajang koleksi buku atau koleksi aksesoris kesayangan anda.

Kamar tidur kecil dengan headboard multi-fungsi (Bajuolahragamuslim)
Kamar tidur kecil dengan headboard multi-fungsi (Bajuolahragamuslim)

Gunakan Dinding Tumpu

Jika anda mengecat keempat dinding kamar dengan warna seragam, maka ruangan akan tampak seperti kotak yang kaku. Namun, beda halnya jika anda mengecat salah satu dinding dengan warna yang berbeda. Dinding tumpu seperti ini menjadi titik fokus di dalam kamar. Anda juga bisa menggunakan wallpaper, panel kayu bertekstur, atau efek cat yang menarik, seperti efek ombre.

Gunakan Cermin

Menggunakan cermin  di kamar tidur kecil adalah salah satu trik paling kuno, namun masih berlaku hingga saat ini. Pasalnya, cermin membuat ruangan yang kecil terasa lebih lega. Namun, pastikan kamar tetap rapi dan teratur. Kamar yang berantakan akan tampak dua kali lebih berantakan saat terpantul di cermin!

Dekorasi Kamar Tidur Kecil: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

Nah, selain melakukan hal-hal di atas, ada beberapa hal yang harus anda hindari saat merancang dekorasi kamar tidur kecil, antara lain:

Kamar tidur kecil dengan dinding tumpu unik (Homeattractive)
Kamar tidur kecil dengan dinding tumpu unik (Homeattractive)

Itulah beberapa trik dekorasi kamar tidur kecil yang bisa anda terapkan. Dengan demikian, kamar cadangan maupun kamar tamu di rumah anda tetap tampak menyenangkan dan rapi. Selamat mencoba!

Baca Juga: