Dekorasi Interior Kreatif dengan Rak di Rumah Minimalis

Rak  merupakan salah satu elemen dekorasi interior rumah yang sangat penting. Selain berfungsi sebagai media penyimpanan, rak juga mempercantik dekorasi rumah anda. Tidak heran jika rak menjadi salah satu elemen dekorasi interior kreatif karena bisa dirancang sesuai ruang yang tersedia, tema hunian, maupun budget anda. Pada intinya, rak menjadi solusi untuk menjaga agar tampilan interior rumah anda tetap rapi dan indah dipandang.

Desain Interior Kreatif dengan Rak Mengambang (Decolover)

Desain Interior Kreatif dengan Rak Mengambang (Decolover)

5 Desain Interior Kreatif dengan Rak Stylish

Pada dasarnya, tidak ada yang membatasi seperti apa desain rak yang bisa anda gunakan untuk memajang benda-benda koleksi atau menyimpan barang-barang berukuran kecil di rumah anda. Namun, sebaiknya pilihan desain rak tetap disesuaikan dengan konsep hunian anda. Nah, berikut adalah beberapa ide dekorasi interior kreatif dengan rak:

Rak Mengambang (Floating shelf)

Desain rak ini adalah salah satu pilihan paling populer di rumah minimalis. Pasalnya, rak mengambang atau floating shelves tidak membutuhkan tempat khusus, karena bisa dipasang di atas furniture yang ada, misalnya, di atas sofa. Rak ini tersedia dalam berbagai desain, mulai dari desain tunggal berukuran besar, hingga rak-rak kecil terpisah yang bisa disusun dengan formasi yang anda inginkan.

Floating shelf dirancang dengan sistem mounting  khusus yang membuatnya tampak seperti menempel di dinding – tidak membutuhkan kaki atau gantungan. Umumnya, floating shelf hadir dengan desain modern-kontemporer. Kelemahannya adalah bahwa rak ini umumnya hanya untuk memajang benda-benda kecil atau ringan.

Contoh rak kreatif model pohon (Houzz)

Contoh rak kreatif model pohon (Houzz)

Rak Model Pohon

Rak model pohon biasanya ditandai dengan batang dan dahan-dahan yang dirancang dengan desain unik untuk memajang benda-benda koleksi di ruang tamu, di kamar tidur, maupun ruang belajar. Desainnya juga bervariasi. Misalnya di kamar tidur, anda bisa merancang headboard sebagai rak buku model pohon. Rak stylish seperti ini akan mengubah nuansa kamar secara dramatis.

Rak sebagai Dinding Tumpu

Untuk memaksimalkan fungsi penyimpanan pada desain interior minimalis, anda bisa merancang rak sebagai dinding tumpu. Artinya, anda memilih salah satu dinding yang akan dijadikan sebagai titik perhatian (focal point). Kemudian, dinding tersebut didesain sebagai rak berukuran penuh dengan berbagai model, seperti zigzag, lurus, dan sebagainya. Anda bisa memajang koleksi pernak-pernik atau koleksi buku-buku dan majalah kesayangan anda di sini.

Contoh rak sebagai dinding tumpu di ruang keluarga (Residencestyle)

Contoh rak sebagai dinding tumpu di ruang keluarga (Residencestyle)

Rak semacam ini umumnya dipasang di ruang keluarga. Namun, jika anda membutuhkan solusi penyimpanan yang artistik di ruang makan, anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat memajang koleksi keramik, perangkat minum, dan pecah-belah unik.

Rak Sudut

Jangan membiarkan sudut ruang tamu atau ruang keluarga kosong tanpa sentuhan artistik. Anda bisa memanfaatkan area sudut sebagai tempat penyimpanan sekaligus untuk mempercantik interior rumah anda. Caranya adalah dengan memanfaatkan rak sudut yang dirancang khusus untuk mengisi sudut rumah yang kosong. Desain rak sudut bisa dirancang bertingkat sesuai ruang yang tersedia.

Rak Tangga

Nah, jika rumah anda memiliki dua lantai, area tangga bisa anda manfaatkan untuk menambah ruang penyimpanan di dalam rumah, sekaligus menambah nilai artistik rumah. Daripada menggunakan model tangga biasa dengan dinding dan railing biasa saja, bukankah akan lebih fungsional jika dinding tangga dirancang sebagai rak yang stylish? Ukurannya tidak perlu terlalu besar, karena justru akan memakan banyak tempat.

Rak kreatif di tangga rumah minimalis (Houzz)

Rak kreatif di tangga rumah minimalis (Houzz)

Selain beberapa ide dekorasi interior kreatif dengan rak di atas, masih banyak desain rak yang bisa anda manfaatkan sesuai kreativitas dan style  anda. Rak merupakan solusi penyimpanan yang cerdas, karena sifatnya yang multi-fungsi dan sangat fleksibel.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

5 Tips Agar Interior Rumah Minimalis Modern Tetap Trendy -design rumah dengan floating shelf -houzz rak minimalism -mendekor sudut kamar yang unik dan artistik -ràk buku bertingkat 3D -

Content Protection by DMCA.com