Dekorasi Interior Kamar Mandi Energik dan Hidup – Bagian 1

Meski ukurannya kecil, kamar mandi memainkan peran yang sangat penting dalam hunian anda.  Oleh sebab itu, dekorasi interior kamar mandi juga membutuhkan perhatian khusus. Desain kamar mandi kecil bergaya minimalis memang sedang trend, namun ada kalanya anda merasa kamar mandi yang didominasi nuansa putih saja terkesan monoton. So, tidak ada salahnya anda berkreasi dengan memberikan sentuhan khusus sehingga kamar mandi anda tampak berenergi dan berkarakter.

Dekorasi interior kamar mandi dengan tirai (I-j-c)

Dekorasi interior kamar mandi dengan tirai (I-j-c)

Dekorasi Interior Kamar Mandi Energik dan Berkarakter

Kamar mandi yang berenergi dan berkarakter tidak mesti didominasi warna-warni kuat. Namun, ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menciptakan dekorasi kamar mandi modern yang penuh energi dan karakter. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Bermain dengan Pola

Kamar mandi kerap kali luput dari perhatian kita saat menerapkan pola-pola yang menarik. Padahal, dengan pola tertentu, sebuah ruangan akan terkesan lebih hidup dan energik. Demikian juga dengan kamar mandi anda. Jadi, jika kamar mandi anda sudah terlanjur diberi cat polos, maka cobalah beberapa tips berikut:

  • Gunakan gorden atau tirai dengan pola yang menarik; anda bisa menggunakan tirai shower dengan pola stripe horizontal atau vertikal
  • Gantung handuk dengan warna-warna cerah
  • Gantung lukisan dengan warna yang menarik atau bingkai berwarna kontras sebagai suatu karya seni

Ketiga contoh di atas dapat memberikan kesan hidup di kamar mandi tanpa anda harus mengeluarkan biaya yang besar untuk renovasi atau pengecatan ulang.

Desain kamar mandi energik dengan kombinasi warna (Luxurybusla)

Desain kamar mandi energik dengan kombinasi warna (Luxurybusla)

Keramik Pelindung Dinding

Keramik pelindung dinding (baseboard) tidak hanya diperlukan di dapur, namun juga di kamar mandi. Baseboard berfungsi melindungi dinding dari percikan atau kebocoran air. Dengan demikian, dinding kamar mandi tidak cepat lapuk dan berjamur karena terpapar dengan udara yang lembab. Nah, anda bisa memilih baseboard dengan pola yang menarik, sehingga kamar mandi anda akan tampak lebih energik dan berkarakter.

Bahkan, saat ini anda bisa menemukan baseboard dengan motif-motif unik, seperti motif ikan, bunga, maupun motif hewan lainnya. Meski demikian, jika anda sedang merencanakan dekorasi kamar mandi kecil, sebaiknya hindari motif baseboard yang terlalu ramai, karena akan memberikan kesan penuh di kamar mandi anda.

Kombinasi Warna

Warna cerah dan lembut tentunya sedap dipandang, karena membuat kamar mandi terkesan bersih dan lapang. Namun, cobalah menyeimbangkan warna-warna cerah ini dengan warna yang lebih gelap untuk memberikan kesan lebih kaya. Sedikit kombinasi warna akan menghindari nuansa kaku di kamar mandi, dan tidak akan membuat kamar mandi kecil terkesan gelap.

Misalnya, anda bisa menggunakan warna putih pada dinding bagian atas dan warna abu-abu gelap di dinding bagian bawah. Selanjutnya, letakkan furniture, seperti kabinet, berwarna putih klasik, sehingga tercipta nuansa kontras yang artistik.

Contoh divider screen di kamar mandi kecil (Houzz)

Contoh divider screen di kamar mandi kecil (Houzz)

Layar Sekat

Layar sekat (divider screen) bisa anda pasang untuk toilet. Meski demikian, anda harus jeli memilih sekat yang akan digunakan, karena dapat membuat kamar mandi yang kecil terkesan sempit. Misalnya, anda bisa mencoba sekat berlobang. Pilih sekat yang warnanya sepadan dengan rangka pintu atau baseboard. Anda juga bisa memasang sekat non-permanen yang bisa dipindah-pindah.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk menciptakan nuansa hidup dan penuh energi di kamar mandi kecil. Jika 4 ide untuk menciptakan dekorasi interior kamar mandi yang energik dan hidup di atas masih belum cukup bagi anda, masih ada berbagai cara yang dapat anda coba. Nantikan pada pembahasan selanjutnya.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

contoh divider -

Content Protection by DMCA.com