Cara Mudah Menjual Rumah – Tahap 2 – Pemasaran

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa cara mudah menjual rumah dimulai dengan proses persiapan sebelum pengumuman melalui lelang, yakni meminta bantuan seorang realtor untuk membantu menaksir harga jual yang layak untuk rumah anda serta mempersiapkan proses pengumuman lelang. Proses persiapan ini tentunya tidak kalah penting dibanding proses pemasaran yang sesungguhya, karena anda harus menjual rumah rumah anda dengan harga yang layak dan wajar, tidak merugikan anda maupun pembeli nantinya.

Cara mudah menjual rumah (Asuransime)

Cara mudah menjual rumah (Asuransime)

Cara Mudah Menjual Rumah – Pemasaran

Setelah pengumuman penjualan rumah dimulai, maka tahapan berikutnya yang perlu anda lakukan adalah berusaha menambah daya tarik rumah anda di mata calon pembeli. Ada beberapa tips mudah menjual rumah yang bisa anda coba, yakni:

Tambah Daya Tarik Rumah Anda

Bayangkan ketika anda mempersiapkan diri untuk menghadapi interview kerja, anda tentu ingin tampil menarik, bukan? Demikian juga dengan ketika anda ingin menjual rumah. Tampilan rumah anda adalah kesan pertama yang akan didapatkan oleh calon pembeli. Ketika calon pembeli mampir untuk melihat rumah anda, mereka akan tertarik untuk melihat ke bagian dalam dan membuat janji untuk bertemu. Jadi, pastikan rumah anda dalam kondisi terbaik.

Saat rumah anda sedang dipasarkan, pastikan semuanya tetap rapi, termasuk taman dan tanaman hias. Jaga agar jalan masuk menuju pintu utama tetap bersih, dan pastikan pencahayaan memadai, siapa tahu calon pembeli berkunjung pada malam hari. Anda juga bisa memperbaharui suasana di pintu masuk dengan cara mengecat pintu depan atau memasang alas kaki baru.

Rapikan Rumah Anda

Di bagian dalam, anda juga harus memastikan bahwa rumah anda dalam kondisi paling bersih dan menyenangkan. Anda bisa menyewa jasa pembersih untuk melakukan ini; namun, anda juga bisa melakukannya sendiri, misalnya:

  • Ciptakan focal point; setiap ruangan di dalam rumah memilih titik fokus yang menunjukkan fungsinya secara jelas
  • Buang semua benda-benda personal, seperti foto keluarga, sehingga rumah anda bisa menarik lebih banyak calon pembeli
  • Gunakan dekorasi netral, misalnya untuk warna cat dinding dan gaya furniture. Sekali lagi, tujuan anda adalah menarik orang sebanyak mungkin, bukan hanya orang-orang dengan selera tertentu
  • Rapikan barang-barang yang tidak terpakai. Jangan biarkan calon pembeli kesulitan menangkap nilai dari rumah anda. Anda bisa menyediakan alat penyimpanan yang stylish agar rumah anda tampak lebih menarik.
  • Tambahkan sentuhan yang lebih menarik, seperti lilin aromatik, bunga-bunga segar, untuk menambah suasana hangat di dalam rumah.

Ambil Foto-Foto Terbaik

Tips menjual rumah dengan mudah berikutnya adalah mengambil foto-foto terbaik rumah anda. Rata-rata pembeli akan mengamati daftar rumah yang dijual secara online sebelum melihatnya secara langsung. Jadi, tampilkanlah rumah anda semenarik mungkin melalui foto-foto yang bagus. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Bersihkan rumah anda. Partikel-partikel debu dan benda-benda kecil lainnya bisa saja terlihat saat difoto dan membuat rumah anda tampak tidak menarik
  • Bersihkan noda-noda pada bagian dinding dengan cara menggosoknya
  • Rapikan bagian dalam rumah sebelum difoto
  • Ambil foto dari sudut (angle) yang paling menarik
  • Usahakan agar focal point ruangan terlihat dengan baik

Selain tiga tips di atas, masih ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebagai cara mudah menjual rumah. Hal-hal lain yang harus anda tangani bukan hanya tampilan fisik rumah, namun juga kelengkapan surat-menyurat rumah dan perjanjian jual-beli. Simak terus pembahasannya pada artikel berikutnya….


Content Protection by DMCA.com