Cara Menjual Rumah Dengan Mudah: Tahap 1 – Persiapan

Keputusan menjual rumah tentu bukanlah suatu hal yang mudah, bukan? Anda tentu tidak berencana membangun rumah untuk dijual kembali. Namun, jika anda harus menjual rumah tempat tinggal anda karena alasan tertentu, maka anda perlu mengetahui cara menjual rumah yang efektif, sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Tidak jarang, seorang membutuhkan waku bulanan atau bahkan tahunan untuk menjual satu unit rumah saja. Tentu tidak praktis, bukan?

Cara menjual rumah dengan mudah (Fotolia)

Cara menjual rumah dengan mudah (Fotolia)

Cara Menjual Rumah Dengan Mudah: Persiapan

Anda tentu tidak ingin berlama-lama menunggu agar rumah anda terjual, apalagi jika anda membutuhkan uang hasil penjualan tersebut segera. Nah, berikut adalah beberapa tips atau cara mudah menjual rumah agar cepat laku:

Minta Bantuan Profesional

Penjualan rumah secara resmi dilakukan melalui proses pelelangan. Jika anda tidak tahu apa yang harus anda lakukan, anda bisa saja harus bertanggung jawab secara finansial atas hal-hal yang tidak anda pahami. Memang, tidak ada keharusan untuk menyewa seorang agen, namun, daripada mengambil resiko dan tenaga maupun fikiran anda terkuras habis untuk urusan penjaualan rumah, anda bisa menyewa seorang agen real estate profesional untuk membantu anda selama proses penjualan. Selain itu, dengan bantuan seorang agen (realtor), maka beban anda akan berkurang.

Sebaiknya, hubungi dua atau lebih calon realtor sebelum anda mengambil keputusan. Mintalah informasi tentang pengalamannya, proses pemasaran yang mereka gunakan, pendapat mereka mengenai rumah anda, dan kemungkinan kendala yang akan anda hadapi. Jangan abaikan insting anda saat menyeleksi realtor yang akan anda gunakan.

Menentukan Harga Jual

Tips menjual rumah berikutnya sebelum rumah anda resmi dibawa ke pasar lelang adalah menentukan harga jual. Penentuan harga jual bisa menjadi proses yang rumit. Pasalnya, banyak aspek yang anda pertimbangkan, seperti harga beli rumah, jumlah uang yang sudah anda habiskan untuk memperbaiki, merenovasi, dan memperindah tampilan rumah, serta jumlah keuntungan yang anda harapkan dari penjualan tersebut.

Persiapan penjualan rumah (Bisnisme)

Persiapan penjualan rumah (Bisnisme)

Jangan terburu-buru menentukan harga jual, karena bisa saja rumah anda terjual cepat namun dengan harga di bawah pasaran. Sebaiknya, tentukan harga yang wajar sesuai dengan nilai pasarnya saat ini. Seorang realtor berpengalaman akan membantu anda menentukan nilai pasar rumah tersebut dengan dua cara:

  • Melihat langsung rumah anda dan menilai kondisinya, ukuran, serta fasilitas lain yang tersedia
  • Melakukan analisis pasar secara komparatif. Misalnya, realtor akan mencari rumah lain yang spesifikasinya hampir sama di sekitar daerah tempat tinggal anda, dan meminta informasi tentang harga jualnya.

Mengisi Formulir Pengumuman Penjualan Properti

Sebelum rumah anda resmi diumumkan pada pasar lelang, anda biasanya harus mengisi formulir pengumuman penjualan rumah. Ada sejumlah pertanyaan yang harus anda jawab perihal kondisi rumah, seperti tahun pembangunan, jenis atap, lantai, riwayat banjir, dan sebagainya. Semua informasi ini sangat berguna bagi calon pembeli nantinya.

Isilah formulir tersebut selengkap mungkin. Mungkin ada beberapa informasi yang tidak ada ingat; tidak masalah. Yang terpenting adalah jangan berbohong tentang kondisi rumah anda. Jika anda tidak tahu, akui saja. Berbohong tentang kondisi rumah justru dapat membuat anda kehilangan kesempatan untuk menjualnya atau bahkan anda bisa terlibat kasus hukum.

Tiga tahapan cara menjual rumah di atas anda lalui sebelum rumah anda resmi ‘dibawa ke pasar’. Tahap persiapan sama pentingnya dengan tahap pemasaran itu sendiri. Jadi, anda harus mempersiapkannya dengan baik, karena informasi yang anda siapkan pada tahap ini akan sangat diperlukan untuk tahapan pemasaran nanti.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

Cara menjual rumah secara manual -harus kemana menjual rumah hunian -tahap cara menjual -

Content Protection by DMCA.com