Cara Mengatasi Anak Kecil Yang Membuat Rumah Berantakan

Setiap orang tua pasti pernah mengalami saat dimana si kecil bikin rumah menjadi berantakan. Si kecil yang senang bermain dan meletakkan mainannya berserakan membuat orang tua menjadi jengkel. Selain itu, dinding rumah menjadi kotor karena acapkali banyak coretan akibat ulah si kecil. Lantas bagaimana cara mengatasi anak kecil yang membuat rumah berantakan?

Dalam masa tumbuh kembang anak, si kecil akan selalu penasan mencoba hal-hal baru. Dengan rasa penasaran yang tinggi, semakin dilarang orang tua, maka semakin tinggi rasa penasaran untuk melakukan hal yang dilarang tersebut.

Cara Mengatasi Anak Kecil Yang Membuat Rumah Berantakan

Ilustri anak sedang bermain dan membuat rumah menjadi berantakan (credit to Gettyimages)

Rumah minimalis tidak harus menjadi berantakan akibat ulah si kecil, berikut kami berikan tips untuk mencegah si kecil bikin rumah menjadi berantakan:

1. Sediakan Ruangan Menarik

Beritahukan si kecil bahwa dia memiliki sebuah ruangan yang bebas dia tentukan dan ruangan yang lain menjadi milik orang tua. Karena si kecil suka diperhatikan, orang tua semestinya lebih banyak meluangkan waktunya di ruangan tersebut.

Anda bisa menjadikan seperti halnya ruangan keluarga lengkap dengan TV. Sehingga pada saat anda menonton TV di ruangan tersebut, maka si kecil bebas bereksplorasi dengan bermain, bikin berantakan, maupun mencoret-coret pada dinding ruangan tersebut.

2. Tempelkan Papan Tulis

Kegemaran anak mencoret-coret sebaiknya tidak dilarang sepenuhnya. Berikan papan tulis besar di ruangan-ruangan anda. Agar tidak terkesan berantakan berikan dekorasi khusus seolah-olah rumah anda memiliki banyak lukisan. Selain itu, anda juga sebaiknya menyediakan buku gambar lengkap dengan pensil warna warni untuk menyalurkan kreativitas sekaligus mengembangkan otak kanannya.

3. Ajaklah Bermain di luar rumah

Salah satu penyebab anak kerap membuat rumah berantakan yaitu kurangnya waktu anak berkesplorasi di luar rumah. Jika si kecil lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tentu saja ia akan mengeksplorasi rumah anda.

Biasanya hal ini terjadi karena orang tua sering sibuk di luar dan jarang mengajak anak bermain atau liburan di luar rumah. Rasa bosan dan kurangnya perhatian mengakibatkan si kecil membuat berantakan rumah meskipun ia tahu bahwa orang tua nya akan kesal akibat ulahnya.

Berikan Reward

Berikan reward jika si kecil dapat merapihkan mainannya sendiri dengan reward seperti dibuatkan makanan kesukaannya, dibelikan mainan baru sesuai keinginannya, diperbolehkan menonton film kartun anak setelah membereskan mainan.

Baca juga: Inilah Akibat desain rumah yang salah justru bikin anak malas belajar

Orang tua sebaiknya tidak marah dan membentak anak karena hal itu akan mempengaruhi psikologi anak dan membuatnya berprilaku seperti orang tuannya. Cara mengatasi anak kecil yang membuat rumah berantakan dapat membuat si kecil merasa diperhatikan dan cenderung tidak akan membuat rumah anda menjadi berantakan. Silahkan dicoba dan jangan lupa share tips ini pada saudara atau teman-teman anda.

Content Protection by DMCA.com