Cara Memilih Lantai Dapur Sesuai Materialnya – Bagian 1

Dapur merupakan area yang memerlukan perhatian khusus. Meski letaknya umumnya berada di bagian belakang rumah, dapur merupakan tempat yang sangat penting, karena di sinilah makanan bergizi dihidangkan untuk keluarga. Memilih lantai dapur harus dilakukan secara seksama, karena dapur kerap menjadi area basah, dan di sini, sering terjadi tumpahan makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi ketahanan lantai. Cara memilih lantai dapur berikut dapat membantu anda yang sedang merencanakan hunian bagi keluarga tercinta.

Tips memilih lantai dapur (Inthecreation)

Tips memilih lantai dapur (Inthecreation)

Cara Memilih Lantai Dapur untuk Hunian

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam tips memilih lantai dapur untuk hunian keluarga anda adalah fungsi dari lantai tersebut. Lantai merupakan area dengan traffic yang cukup tinggi. Anda tentu membutuhkan lantai dapur yang tahan lama, minim perawatan, dan ramah lingkungan. Nah, jika pertimbangan utama anda adalah ketahanan lantai dapur, maka pilihannya adalah semen, karet, batu, keramik, vinyl, dan kayu laminating.

Namun, selain faktor ketahanan, anda juga perlu mempertimbangkan frekuensi lalu-lalang di dapur. Ya, bayangkan bagaimana repotnya anda ketika menyiapkan masakan untuk keluarga. Jadi, lantai yang dirancang dengan lapisan khusus (cushioning) juga bisa menjadi pertimbangan. Pilihannya antara lain: bambu, karpet, gabus, karet, vinyl, kayu, dan kayu laminating.

Tentunya, setiap bahan yang digunakan untuk lantai dapur memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Sisi kuat dan sisi lemah setiap material yang akan digunakan untuk dapur anda juga perlu menjadi pertimbangan. Tentunya, anda harus memilih sesuai intensitas pemakaian, resiko, serta karakteristik anggota keluarga anda.

Tips Memilih Lantai Dapur Menurut Materialnya

Sebagian bagian dari tips memilih lantai dapur yang cocok untuk keluarga anda, berikut akan dibahas karakteristik masing-masing material yang ada, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing:

Lantai dapur berbahan bambu (Houzz)

Lantai dapur berbahan bambu (Houzz)

Lantai Bambu

Mungkin, bambu tidak masuk dalam daftar alternatif bahan yang akan anda pakai untuk lantai dapur, bukan? Namun, siapa sangka jika bambu ternyata merupakan bahan yang baik untuk lantai, khususnya jika anda lebih menyukai produk-produk yang ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, bambu jugamerupakan salah satu bahan alami yang paling tahan lama.

Kelebihan lain dari bambu adalah bahan baku yang mudah di dapat, khususnya di negara-negara tropis seperti Indonesia. Bambu mudah dikembangkan dan tidak dibutuhkan puluhan tahun untuk mengembangkan bambu hingga bisa digunakan untuk bahan lantai. Namun, anda juga perlu mengetahui kekurangannya, yakni mudah berlekuk.

Oleh sebab itu, pilihlah bambu yang telah melalui proses treatment di pabrik yang terkenal reputasinya. Kecuali jika anda memilih keahlian khusus di bidang pengolahan dan pengawetan bambu, sebaiknya jangan menggunakan bambu alami yang dijemur sendiri.

Karpet

Karpet memang belum begitu banyak digunakan untuk lantai dapur, karena perawatan dan pembersihan yang sulit. Namun, belakangan ini banyak karpet yang dirancang khusus untuk digunakan di dapur-dapur modern. Karpet-karpet tersebut telah melalui tahap pengujian di pabrik dan dirancang untuk ruangan dengan traffic yang tinggi, mudah dibersihkan, dan mudah dipasang, sehingga bisa digunakan untuk dapur.  Selain itu, karpet tersedia dalam berbagai motif, ukuran, tekstur, warna, dan material yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Contoh dapur dengan lantai karpet (Paltechs)

Contoh dapur dengan lantai karpet (Paltechs)

Tips memilih lantai dapur berbahan karpet adalah membelinya dari pabrik yang memang merancang karpet khusus untuk dapur atau sesuai pesanan anda (custom order). Belilah karpet serap untuk pengganti di masa mendatang. Selain itu, pastikan anda melalui pemeliharaan secara rutin serta menyediakan perangkat pembersih khusus, seperti vacuum cleaner, untuk mempermudah pekerjaan anda.

Nah, selain bambu dan karpet, masih banyak pilihan bahan lain yang bisa anda pertimbangkan. Jangan lewatkan cara memilih lantai dapur sesuai materialnya pada artikel kami selanjutnya.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

karpet vinyl untuk rumah minimalis -

Content Protection by DMCA.com