Alasan Asuransi Rumah Itu Penting

Alasan Asuransi Rumah Itu Penting. Banyak orang bertanya-tanya, apa pentingnya ikut asuransi rumah? Nah biasanya orang baru menyadari pentingnya asuransi untuk rumah saat membeli rumah pertama atau baru saja melunasi KPR bahwa rumah merupakan aset berharga.

Rumah itu berharga bukan hanya diukur dari nilai uangnya saja, tetapi juga karena proses yang mesti dilalui untuk memilikinya lumayan panjang dan melelahkan. Yang pasti, dengan kita memiliki asuransi rumah akan memberikan ketenangan batin terhadap kepemilikan dan nilai aset yang paling berharga.

Panduan membeli rumah (Fotolia)

Panduan membeli rumah (Fotolia)

Ada beberapa alasan pentingnya asuransi rumah, yaitu sebagai berikut:

1. Asuransi rumah sebagai syarat KPR

Sebagian lembaga keuangan memiliki syarat untuk memiliki asuransi rumah sebelum mengajukan sebuah pinjaman. Hal ini wajar sebab lembaga keuagan ingin memastikan bahwa pinjaman dapat dilunasi tepat waktu dan rumah aman dari musibah yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau resiko kerusakan rumah lainnya.

2. Melindungi dari tuntutan hukum

Saat ini sudah banyak asuransi rumah yang dapat memberikan proteksi pada kondisi fisik rumah serta resiko kecelakaan yang terjadi di dalam rumah. Manfaat ini dapat melindungi anda dari kemungkinan tuntutan hukum manakala seseorang yang sedang bertama di rumah anda mengalami luka-luka.

3. Melindungi dari resiko kehilangan

Asuransi rumah akan memberikan penggantian atau perbaikan pada saat rumah mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, gempa bumi, angin puting beliung, dan bencana alam lainnya yang tertera dalam ketentuan polis asuransi.

Selain itu, ada juga asuransi rumah yang memberikan manfaat tambahan untuk melindungi kerusakan akibat sengatan listrik atau kerusakan pipa air.

4. Melindungi nilai rumah

Rumah merupakan salah satu investasi terbesar yang dilakukan seseorang dalam hidupnya. Pada saat kila melakukan renovasi rumah, maka nilai rumah akan meningkat. Disinilah asuransi dapat melindungi aset anda. Pada saat ada hal yang tidak diinginkan maka anda tak perlu taku kehilangan nilai renovasinya.

5. Memberikan hunian sementara pada saat terjadinya bencana

Perusahaan asuransi juga ada yang memberikan tempat hunian sementara saat bencana alam terjadi. Misalnya, pada saat pohon besar tumbang dan mengenai atap hingga rusak sehingga penghuninya tidak dapat menghuni rumah untuk sementara waktu. Nah asuransi akan memberikan biaya akomodasi atau penginapan hingga rumah selesai diperbaiki.

6. Melindungi dari perampok

Asuransi dapat melindungi penghuninya dari aksi perampokan yang menyatroni rumah anda. Jika ada aksi pencurian maka asuransi akan menghitung berapa nilai harta yang dicuri dan akan mengganti nilai rupiahnya.

Baca juga desain rumah minimalis ini:
Desain rumah yang salah bikin anak malas belajar
7 Tips jika orang tua sekamar dengan anak balita

Untuk memastikan agar anda bisa klaim asuransi ini maka pastikan anda selalu mencatat seluruh harta yang ada di rumah. Tak hanya dalam bentuk dokumen tetap, tetapi juga lengkapi dengan foto dan bukti pembelian.

Content Protection by DMCA.com