5 Trend Pencahayaan untuk Desain Interior Rumah Modern

Pencahayaan adalah salah satu elemen desain dan arsitektural pokok dalam sebuah hunian. Sama halnya dengan trend rumah minimalis atau bahkan trend fashion, trend pencahayaan untuk desain interior rumah modern juga berkembang terus-menerus, seiring dengan permintaan pasar dan rekomendasi para ahli desain interior. Jadi, jika anda berencana melakukan update terhadap interior rumah anda, tidak ada salahnya memulai dari unsur pencahayaan, karena pencahayaan sangat mempengaruhi atmosfir yang tercipta di sebuah ruangan.

Lampu unik untuk Desain interior rumah modern (Freshome)

Lampu unik untuk Desain interior rumah modern (Freshome)

Desain Interior Rumah Modern 2016: Trend Pencahayaan

Berikut adalah beberapa inspirasi dan rekomendasi Freshome terkait trend pencahayaan 2016 untuk menyegarkan nuansa dalam interior rumah modern minimalis anda,

Industrial Lighting

Nuansa industri dengan elemen modern-kontemporer masih menempati posisi penting dalam trend pencahayaan interior rumah 2016. Namun pada tahun ini, pencahayaan bernuansa industri mendapatkan sentuhan yang berbeda, dengan nada yang lebih kaya dan penggunaan bahan yang lebih bervariasi, mulai dari logam hingga unsur alam. Model yang disajikan lebih bervariasi.

Misalnya, Lamps Plus mempersembahkan karya bertajuk “upgraded industrial” yang mengusung bentuk pohon dengan ranting-rantingnya, dan setiap ujung ranting dihiasi bola lampu. Model unik semacam ini tentunya dapat menjadi focal point atau titik fokus di dalam ruangan.

Desain Lampu Geometrik

Kehadiran lampu berdesain geometrik telah diperkirakan sejumlah provider lampu interior. Salah satunya adalah Bellacor, yang merekomendasikan lampu geometrik berbentuk sederhana. Desain lampu geometrik tentunya sejalan dengan trend  desain interior rumah 2016 yang masih didominasi nuansa minimalistik. Selain mencerminkan interior modern dan kontemporer, model lampu ini juga mengutamakan kesederhanaan dan kepraktisan.

Trend pencahayaan 2016 - Lampu Geometrik (Bellacor)

Trend pencahayaan 2016 – Lampu Geometrik (Bellacor)

Lampu Berukuran Besar

Untuk ruangan berukuran besar, seperti ruang keluarga, anda bisa memberikan sentuhan yang lebih tegas dan kuat dengan menggunakan lampu berukuran besar sebagai focal point. Anda juga bisa menggunakan lampu semacam ini di dapur atau di ruang makan jika dapur dan ruang makan anda didesain dengan loteng yang tinggi. Jika ukuran ruangan tidak terlalu besar, pilih lampu dengan desain simple, seperti oval memanjang atau persegi.

Desain Lampu Yang Terinspirasi dari Alam

Ini adalah salah satu trend pencahayaan paling unik di tahun ini. Sejumlah produsen menciptakan desain lampu unik yang terinspirasi dari alam. Kehadiran lampu-lampu bergaya unik ini mulai dilirik pada acara Messe Franfurt Light+Building yang diselenggarakan di Jerman. Pada show yang diselenggarakan akhir tahun 2016 ini, desainer, retailer, maupun para arsitek telah memperkirakan hadirnya lampu-lampu yang dihiasi ilusi alam.

Perkiraan tersebut ternyata benar. Di tahun ini, telah bermunculan model lampu unik bernuansa alam untuk desain interior rumah modern. Misalnya adalah lampu dengan motif tanaman atau daun, lampu berbentuk batu alam, lampu kristal berbentuk batu, atau bahkan lampu dengan rangka berbentuk keranjang rotan.

Desain lampu unik berbentuk batu kristal (Feshome)

Desain lampu unik berbentuk batu kristal (Feshome)

Lampu LED Unik

Tahun ini, popularitas lampu LED semakin meningkat, seiring dengan kesadaran masyarakat untuk menggunakan lampu hemat energi dan tahan lama. Bahkan, alah satu produsen bola lampu ternama, yakni Bellacor memperkirakan bahwa tahun 2030, 75% penjualan bola lampu akan didominasi lampu LED. Tahun ini, sejumlah produsen juga telah memperkenalkan desain lampu-lampu unik menggunakan teknologi LED. Salah satunya adalah brand Edison.

Anda bisa menyegarkan nuansa interior rumah anda dengan lampu-lampu unik aneka bentul, seperti lampu gantung berbentuk topi, lampu berbentuk segitiga aneka warna, atau lampu berbentuk botol warna-warni.

Itu adalah beberapa trend lampu untuk menghiasi desain interior rumah modern anda di tahun 2016. Sebenarnya, anda bisa memilih sesuai selera dan ukuran ruangan anda. Inilah saatnya menyegarkan suasana hunian anda tanpa harus melakukan renovasi.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

model rumah minimalis tahun 2030 -model rumah yang nuansa ranting -pencahayaan interior rumah -

Content Protection by DMCA.com