5 Jenis Desain Ruang Dapur untuk Hunian Anda

Layout dapur di rumah anda sangat penting, bukan hanya untuk menghasilkan tampilan yang artistik dan rapi, namun juga untuk menentukan kebebasan ruang gerak anda selama beraktivitas di dapur. Desain ruang dapur yang mungil akan menghambat ruang gerak anda jika dijejali dengan barang-barang atau furniture yang tidak disesuai. Kondisinya akan semakin buruk jika furniture, seperti kitchen set, tidak ditempatkan pada posisi yang sesuai.

Desain Ruang Dapur model L - Siferyerson

Desain Ruang Dapur model L – Siferyerson

Pada dasarnya, ada tiga area yang harus ada di dapur, yakni area penyimpanan (storage area), area persiapan bahan memasak, baik mencuci atau meracik (preparation area), dan area memasak (cooking area). Nah, posisi ketiga area ini akan menentukan ruang gerak atau alur kerja anda di dapur. Oleh sebab itu, layout dapur harus ditata sedemikian rupa, disesuaikan dengan ruang yang tersedia, furniture yang ada, serta desain yang diinginkan.

Desain dapur model double line - Hgtvhome

Desain dapur model double line – Hgtvhome

Inspirasi Desain Ruang Dapur untuk Hunian

Berikut adalah beberapa inspirasi desain ruang dapur versi Ideaonline yang bisa anda coba:

  • Layout Dapur Model L; Model L adalah layout paling populer, dan biasanya menggunakan salah satu sudut dapur, karena kitchen set dipasang menggunakan 2 sisi dinding, sehingga terlihat seperti huruf L. Jika anda menginginkan desain dapur dan ruang makan mungil dalam satu ruangan yang sama, maka model L adalah pilihannya, karena dapat menghemat tempat.
  • Layout Dapur Model I; Dapur model I populer untuk hunian berukuran kecil, seperti rumah minimalis type 36. Desain dapur seperti ini ditandai dengan penggunaan kitchen set model lurus, sehingga hanya menggunakan satu sisi dinding saja. Model ini juga cocok untuk desain ruang makan menyatu dengan dapur.
Dapur model I - IDeaonline

Dapur model I – IDeaonline

  • Layout Dapur Model Double Line; Sama seperti namanya, layout dapur ini terlihat seperti dua garis lurus. Umumnya, desain dapur seperti ini digunakan untuk dapur yang terletak di lorong memanjang dan cenderung sempit. Kitchen set dan furniture lainnya disusun sejajar menggunakan 2 sisi dinding yang saling berhadapan.
  • Layout Dapur Model Island; Desain dapur seperti ini populer pada rumah-rumah Eropa atau Amerika. Seperti namanya, desain dapur membentuk pulau, yakni furniture yang ditata mengelilingi 3-4 sisi dinding, ditambah satu furniture (biasanya meja atau set meja makan) di tengah untuk membentuk pulau. Desain ini cocok untuk dapur yang cukup luas.
  • Layout Dapur model G dan U; Layout seperti ini juga cocok untuk dapur dengan luasan besar, sehingga penataan ketiga area utama di dapur dapat dilakukan secara lebih fleksibel.
Layout dapur model Island - Xpolse

Layout dapur model Island – Xpolse

Dengan kata lain, pemilihan desain ruang dapur harus diseleksi secara seksama, sehingga nuansa yang ditampilkan tetap ideal dan anda bisa beraktivitas secara leluasa. So, layout mana yang anda pilih?


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

jenis dapur -tipe kamar dapur -dapur sempit dengan isla -dapur type 36 dengan sudut L -desain dapur kecil 3/4 -desain dapur lorong -desain dapur minimalis bentuk pulau -desain dapur minimalis memanjang -

Content Protection by DMCA.com