5 Ide untuk Desain Rumah Minimalis nan Hijau dan Sehat

Ide tentang hunian yang sehat dan bernuansa hijau mulai banyak dipertimbangkan dan diterapkan oleh masyarakat modern. Bagaimana tidak, konsep green living mulai mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan masyarakat, mulai dari pola diet, tempat kerja, hingga hunian. Nah, bagaimana cara menerapkan konsep green living pada desain rumah minimalis di lingkungan perkotaan? Berikut adalah lima solusi sederhana, berdasarkan rekomendasi Freshome, untuk membuat rumah anda lebih sehat dan ramah lingkungan.

Desain Rumah Minimalis ala Green Living (Fotolia)

Desain Rumah Minimalis ala Green Living (Fotolia)

Tips Desain Rumah Minimalis Ala Green Living

Gunakan Sistem Yang Ramah Lingkungan

Ini adalah hal pertama yang perlu anda pertimbangkan jika ingin mendapatkan desain rumah minimalis yang sehat, hijau, dan ramah lingkungan. Namun, perlu diingat bahwa ‘berkelanjutan’ (sustainable) di sini tidak mesti identik dengan pemasangan panel surya (solar panel) di sepanjang rumah atau hidup sama sekali tanpa menggunakan listrik.

Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti menggunakan shower hemat air maupun peralatan elektronik yang hemat listrik. Penerapan sistem yang berkelanjutan bisa juga dilakukan dengan menggunakan sistem dan peralatan yang lebih hemat secara finansial dalam jangka panjang.

Terapkan Konsep Minimalis

Konsep green living juga menerapkan prinsip less is more; artinya, semakin minimalis, semakin baik. Kini bukan lagi zamannya hunian yang serba wah, dengan aneka furniture dan dekorasi yang berkilauan. Para trendsetter modern lebih berfokus kepada hal-hal yang lebih minimalis secara estetika.

Gunakan produk daur ulang pada hunian green living (Iseecubed)

Gunakan produk daur ulang pada hunian green living (Iseecubed)

Layaknya konsep rumah minimalis modern, yang diutamakan adalah fungsi. Saat anda memasuki sebuah ruangan di dalam rumah, maka lihatlah dan evaluasi apakah benda-benda yang anda taruh di dalamnya berguna atau hanya sekedar ‘pajangan’ yang menghabiskan banyak tempat. Bukan berarti anda tidak boleh sama sekali menggunakan benda-benda dekorasi. Ya, hiasan-hiasan dinding atau pernak-pernik kecil perlu untuk menunjukkan style anda, namun jangan ragu untuk menyingkirkan benda-benda yang hanya memboroskan tempat.

Gunakan Produk Daur Ulang

Kini, produk daur ulang tidak lagi identik dengan ‘sampah.’ Menggunakan kembali barang-barang lama adalah salah satu komponen pokok dari konsep green living. Sebelum anda memutuskan untuk menyingkirkan benda-benda tua yang tidak terpakai, mengapa anda tidak ‘menyulapnya’ menjadi sesuatu yang berbeda?

Misalnya, anda bisaa menyulap sebuah lemari usang menjadi meja, atau menggunakan barang-barang bekas, seperti botol, menjadi pajangan atau pot. Dengan sedikit kreativitas, anda bisa memanfaatkan kembali barang-barang lama.

Gunakan Bahan-Bahan Alam

Saat membeli barang-barang untuk desain interior rumah minimalis anda, sebisa mungkin pilihlah yang terbuat dari bahan-bahan alam. Artinya, anda memilih elemen-elemen yang dibuat dari sumber daya terbarukan, seperti mebel kayu, countertop berbahan batu pualam, perkakas dari tanah liat, atau lantai dari batu alam.

Contoh hunian yang menyatu dengan dunia luar (Freshome)

Contoh hunian yang menyatu dengan dunia luar (Freshome)

Benda-benda dari bahan alam kini semakin digemari, bahkan harganya cenderung lebih mahal dibanding benda-benda dari bahan fabrikasi. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berbelanja di toko penyedia barang-barang second hand. Asalkan anda jeli dalam memilih, tidak mustahil mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga lebih murah.

Biarkan Hunian Anda Menyatu dengan Dunia Luar

Terakhir, anda bisa merancang desain rumah minimalis yang memadukan dunia luar ke dalam hunian anda. Misalnya, anda bisa menggunakan jendela berukuran besar agar cahaya alami dan udara segar bisa masuk ke dalam ruangan. tidak ada salahnya menggunakan pintu kaca dengan panel lebar dan terang untuk meminimalisir penggunaan listrik sekaligus membawa masuk nuansa luar ke dalam hunian anda.

Itulah beberapa ide yang bisa anda terapkan untuk desain rumah minimalis yang hijau dan sehat, berdasarkan konsep green living. Berkontribusilah kepada alam dan masa depan dengan menerapkan hunian yang ramah lingkungan. Selamat mencoba!


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rancangan rumah lingkungan sehat -

Content Protection by DMCA.com