5 Ide Desain Dinding Tumpu untuk Interior Rumah Minimalis

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa feature wall atau dinding tumpu merupakan elemen kreatif yang digunakan sebagai focal point dalam sebuah ruangan, baik itu ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau bahkan ruang makan. Nah, lalu seperti apa desain feature wall yang populer untuk menghiasi interior rumah minimalis anda? Dinding tumpu tidak mesti dibedakan dengan warna cat yang mencolok.

Interior rumah minimalis dengan dinding tumpu lukisan (87ist)

Interior rumah minimalis dengan dinding tumpu lukisan (87ist)

Interior Rumah Minimalis Artistik dengan Dinding Tumpu

Ada beberapa ide yang bisa anda terapkan untuk menghiasi interior rumah anda menggunakan feature wall. Di antaranya adalah:

Wallpaper

Wallpaper adalah pilihan yang sempurna untuk menambahkan pesona dan kreativitas pada interior ruang tamu minimalis atau ruangan lainnya yang anda inginkan. Saat ini, pilihan desain wallpaper sangat bervariasi, mulai dari linen metalik, minimalistik, hingga pola-pola geometris bergaya retro. Semuanya tersedia, dan pilihan untuk mengubah tampilan dinding tumpu nyaris tak ada batasnya.

Desain dinding tumpu dengan wallpaper (Capitalfm)

Desain dinding tumpu dengan wallpaper (Capitalfm)

Anda bisa menciptakan efek dramatis, cerah, ceria, tenang, atau kalem dengan menggunakan desain wallpaper. Penggunaan wallpaper juga sangat simple karena dinding tidak mesti dicat ulang. Lagi pula, karena hanya satu permukaan dinding yang diberi wallpaper, maka biaya yang anda butuhkan tidak terlalu besar.

Panel Kayu dan Bahan Alam

Pertama kali populer di tahun 1960an, kini, aplikasi dinding tumpu dengan panel kayu kembali.  trend. Desain yang tersedia tidak hanya bergaya vintage atau retro; panel kayu yang licin dan bergaya modern juga sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan anda. Diperkirakan bahwa trend penggunaan panel kayu akan semakin populer hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan, banyak pemilik rumah yang mulai melirik penggunaan kayu-kayu tua, kayu daur ulang bergaya rustik, hingga panel batu dan batu bata untuk feature wall.

Desain dinding tumpu dengan panel kayu (Freshome)

Desain dinding tumpu dengan panel kayu (Freshome)

Wall Mural

Lukisan dinding (wall mural) mungkin membutuhkan proses yang lebih lama, namun hasilnya jauh lebih artistik dan mempesona. Lukisan dinding biasanya dibuat oleh tenaga profesional, dan untuk itu, anda mungkin harus mengeluarkan biaya lebih. Lukisan bisa dibuat sesuai tema dan desain yang anda inginkan. Hasilnya benar-benar personal dan sesuai dengan karakter yang ingin anda tonjolkan.

Cat Dinding

Membedakan cat dinding tumpu adalah trik paling populer dan telah ada sejak lama. Meski tampak sederhana, efeknya bisa sangat dramatis untuk menciptakan focal point yang sempurna pada desain interior rumah anda. Umumnya, warna yang digunakan kontras dengan warna cat dinding sisanya. Misalnya, jika cat dinding ruangan didominasi warna lembut, maka feature wall dicat dengan warna yang kuat.

Anda juga bisa bermain dengan pola cat yang lebih kreatif, misalnya, mengecat dinding dengan pola vertikal untuk menciptakan efek tinggi dan lapang. Meski demikian, pemilihan desain dan warna cat harus disesuaikan dengan elemen lainnya, seperti furniture yang ada di dalam ruangan, agar hasilnya tetap harmonis dan seimbang.

Desain dinding tumpu dengan furniture (Myslingshot)

Desain dinding tumpu dengan furniture (Myslingshot)

Furniture

Ini adalah trik desain interior rumah minimalis yang cukup simple. Anda bisa menggunakan furniture, seperti rak buku di ruang keluarga, rak pajang di ruang tamu, hingga meja makan di ruang makan untuk feature wall. Misalnya, anda bisa meletakkan rak buku yang tinggi tepat di bagian tengah dinding untuk menjadikannya sebagai focal point. Atau, anda bisa menyusun meja makan berdekatan dengan dinding dan menggantung beberapa luksian bertema makanan sebagai focal point di ruang makan.

Apapun desain feature wall yang anda pilih, biarkan passion anda berperan. Dengan demikian, desain interior rumah minimalis akan benar-benar mencerminkan kepribadian anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain dinding minimalis -dinding kayu artistik -Dinding rumah unik dan artistik -panel kayu dinding -tata ruang dalam rumah untuk rumah sederhana -warna dinding tumpu -

Content Protection by DMCA.com