4 Tips Mendesain Dapur Minimalis Sederhana

Sudah sangat sering kita saksikan pada berbagai media bahwa pada rumah-rumah modern dewasa ini umumnya memiliki ruang dapur minimalis sederhana. Selain  karena keterbatasan lahan bila rumah memang berkonsep minimalis tetapi memiliki dapur yang kecil juga mendatangkan banyak keuntungan bagi penghuni rumah seperti misalnya tak repot untuk membersihkannya.

Desain dapur minimalis sederhana

Desain dapur minimalis sederhana (Beautifulhomesdesigns)

Dapur Minimalis Sederhana Namun Cozy

Dapur kecil yang meleburkan kenyamanan, efisiensi, dan kesan modern juga akan terasa lebih hangat terutama pada dapur yang berkonspe open plan atau digabung dengan ruang makan. Dengan demikian fungsi dapur akan semakin luas tidak hanya menjadi tempat memasak semata tetapi sekaligus tempat untuk bersantap bersama sambil berbincang-bincang.

Bila saat ini Anda tengah mencari inspirasi desain dapur minimalis sederhana sebenarnya tidak terlalu sulit lagi apalagi dengan keberadaan internet. Di internet telah tersedia berbagai website arsitektur yang siap membantu Anda. Untuk  membuat dapur mungil menjadi terlihat besar ada beberapa trik arsitektur yang dapat Anda terapkan misalnya pada permainan warna dinding, pemilihan furnitur yang tepat juga dekorasi yang tepat. Berikut ini adalah panduannya bagi Anda.

gambar dapur minimalis sederhana dan compact

gambar dapur minimalis sederhana dan compact (Homesdir)

Tips Merancang dapur minimalis kecil sederhana

Pilih Warna Cat Dinding Cerah

Untuk membuat ruangan dapur minimalis Anda tampak lebih lega Anda sebaiknya memilih warna cerah yang seragam pada bagian plafon atau langit-langit, lantai, dan dinding. Warna-warna lembut atau pastel seperti krem, coklat muda, atau putih dapat menjadi pilihan. Untuk memberikan ilusi ruangan terlihat lebih besar Anda juga dapat memasang beberapa genteng kaca sehingga penghuni rumah dapat melihat pemandangan langit yang indah saat hari cerah.

Warna Cat Dinding Cerah Membuat Dapur Terasa Lapang

Warna Cat Dinding Cerah Membuat Dapur Terasa Lapang (Gzdonghuang)

Perhatikan Sirkulasi Udara dan Cahaya

Pengaturan pencahayaan juga harus diperhatikan untuk membuat ruangan menjadi lega, misalnya dengan memberikan cahaya pada bagian bawah lemari dapur. Ruangan dapur juga sebaiknya memiliki banyak bukaan tidak hanya untuk membuat ruangan terlihat besar tetapi juga untuk sirkulasi udara agar asap bekas memasak terbawa keluar. Jendela besar dengan bingkai yang cantik tentu akan membuat ruangan terlihat semakin cantik. Untuk lantai Anda bisa memilih ubin diagonal dengan warna yang serasi dengan dinding.

Dapur terkesan lapang dan sehat dengan sirkulasi cahaya dan udara

Dapur terkesan lapang dan sehat dengan sirkulasi cahaya dan udara (Homeandfurnituregallery)

Gunakan Furnitur yang Compact dan Fungsional

Di berbagai gambar dapur minimalis sederhana pada majalah arsitektur online ataupun offline tentu kita dapat melihat furnitur yang digunakan seimbang dengan luas ruangan. Saat ini sudah banyak kitchen set mungil yang kompak dan serasi untuk dapur-dapur minimalis di rumah-rumah modern yang sederhana tetapi tetap elegan.

Gunakan Peralatan Dapur secara Proporsional

Selain furnitur dalam memilih peralatan dapur juga sebaiknya disesuaikan dengan besarnya ruangan agar dapur Anda terlihat rapi dan bersih. Panci dan wajan dapat digantung pada rak agar lemari dapur memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan peralatan yang lain. Untuk meja dan kursi makan Anda dapat memilih model counter yang tinggi untuk menghemat ruangan.

Dapur dengan furniture sederhana bernuansa kontemporer

Dapur dengan furniture sederhana bernuansa kontemporer (4moderninterior)

Demikianlah beberapa ide untuk desain dapur minimalis sederhana untuk rumah modern masa kini.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

tips dapur minimalis -cara mendesain dapur -bikin dapur -dapur sehat sederhana -Tips membuat dapur minimalis -arsitek dapur sederhana -cara mendesain dapur dengan sirkulasi udara -dapur sehat -

Content Protection by DMCA.com