4 Tips Desain Interior Dapur Retro Style

Saat ini konsep rumah minimalis tampaknya sedang menjadi trend terutama untuk hunian di kota-kota besar. Sebenarnya hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena meroketnya harga properti di lokasi yang mempunyai fasilitas lengkap, sehingga orang lebih memilih tinggal di rumah mungil atau apartemen. Namun, desain interior dapur minimalis tidak mesti bernuansa modern. Sejumlah pemilik rumah lebih memilih gaya retro karena tampilannya yang unik dan sederhana.

Interior Dapur Retro Style

Interior Dapur Retro Style (Formica)

Konsep yang diberlakukan dalam membangun rumah, termasuk rumah minimalis hendaknya diterapkan juga untuk keseluruhan ruangan dalam rumah sehingga hunian terlihat apik dan serasi. Oleh karena itu jika konsep yang dipilih adalah rumah modern minimalis, selayaknya dapur yang berada di rumah tersebut juga mengusung konsep yang sama.

Tips Desain Interior Dapur Bergaya Retro

Salah satu misi dalam menerapkan rancangan desain interior dapur kecil adalah dengan membuat ruangan yang terbatas terlihat luas. Untuk itu perlu diupayakan semaksimal mungkin agar ruangan yang mungil ini cukup efektif untuk mengakomodasi kebutuhan untuk menyiapkan makanan bagi seluruh keluarga. Apalagi bila dapur tersebut dijadikan satu dengan ruang makan tempat bersantap dan berinteraksi. Berikut ini adalah beberapa ide merancang desain interior dapur Anda dengan nuasan retro atau vintage.

Dapur khas bergaya retro

Dapur khas bergaya retro (Cassandra Willer – Pinterest)

Warna dinding

Penggunaan cat dinding atau wallpaper dengan warna cerah adalah salah satu trik yang mujarab untuk menampilkan kesan ruangan terlihat lebih luas. Warna-warna pastel yang serasi dapat Anda terapkan pada dinding, lantai, dan langit-langit dapur Anda. Untuk dapur bergaya retro, sebaiknya pilih warna off-white, biru pudar, kream, atau coklat muda.

Dapur Bergaya Retro dengan cat off-white

Dapur Bergaya Retro dengan cat off-white (Decoist)

Jendela

Dalam desain interior dapur kecil mungil minimalis jendela atau bukaan untuk dapur memegang peranan yang sangat penting karena berguna untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Selain itu dapur dengan bukaan yang maksimal juga akan lebih sehat karena sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Dengan pemandangan berupa taman belakang rumah yang terlihat dari jendela, Anda juga akan beraktifitas dengan lebih bersemangat di dapur. Agar dapur terlihat semakin unik dan elegan, pilih bingkai jendela dengan desain unik.

Interior dapur kecil dengan bukaan lebar

Interior dapur kecil dengan bukaan lebar (Retrorenovation – Pinterest)

Furnitur

Salah satu unsur yang tak kalah penting untuk membuat desain interior dapur modern adalah pemilihan furnitur yang tepat. Perabotan yang pada umumnya ditempatkan pada dapur adalah, lemari penyimpanan, lemari es, dan kitchen set. Untuk lemari penyimpanan sebaiknya pilihlah lemari gantung untuk menghemat ruangan. Dapur bergaya retro biasanya ditandai dengan kitchen set dan kursi makan dari kayu. Namun, untuk menonjolkan nuansa vintage-nya, sebaiknya cat furniture dengan warna vintage, seperti off-white atau biru muda.

Furniture untuk interior dapur modern

Furniture untuk interior dapur modern (Digitalproperties)

Dekorasi Interior Dapur

Agar desain interior dapur Anda lebih vintage, anda bisa meletakkan berbagai ornamen khas, seperti pot dari tanah, tanaman kering, tempelan dinding, motif kotak pada hiasan meja, lantai motif catur, hingga chandelier klasik. Untuk mendapatkan ide, Anda dapat melihat-lihat berbagai website arsitektur yang sudah sangat banyak tersedia di internet. Setelah memiliki beberapa ide berkonsultasilah dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain rumah retro -Rancangan dapur termasuk desain -rumah retro -design rumah retro -dapur vintage -dekorasi rumah retro -desain interior retro -warna cat dapur vintage -

Content Protection by DMCA.com