4 Inspirasi Warna untuk Desain Plafon Rumah Modern

Plafon adalah salah satu elemen desain interior yang sangat penting di rumah anda. Oleh sebab itu, desain plafon rumah harus direncanakan dengan matang agar sejalan dengan konsup hunian anda. Plafon rumah  tidak mesti harus dicat putih monoton dengan alasan agar ruangan terasa lebih luas dan lapang. Memang benar, warna yang cerah menghadirkan nuansa lapang, namun mengecat plafon anda dengan warna lain tidak selamanya merupakan ide buruk.

Desain plafon rumah minimalis (Freshome)

Desain plafon rumah minimalis (Freshome)

Pilihan Warna Untuk Desain Plafon Rumah

Tidak ada salahnya mengaplikasikan warna pada plafon rumah, karena warna akan membawa nuansa yang berbeda sesuai keinginan anda. Jika anda ingin mengubah suasana ruangan tanpa harus melakukan renovasi, maka mengubah warna cat plafon adalah salah satu idenya. Berikut adalah beberapa inspirasi warna unik untuk  plafon rumah minimalis modern:

Warna-Warna Gelap

Siapa bilang plafon tidak bisa dicat dengan warna-warna gelap? Warna abu-abu, biru navy, atau bahkan hitam dapat menghasilkan nuansa yang intim dan dramatis di dalam sebuah ruangan. Cat warna gelap cocok diaplikasikan pada kamar tidur. Namun, karena warna gelap membuat plafon terkesan lebih rendah, maka gunakanlah warna ini di kamar tidur yang memang memiliki plafon tinggi.

Agar plafon terlihat lebih kentara, pilih warna-warna yang lebih lembut untuk dinding, sehingga tercipta kontras yang menarik. Padukan dengan furniture yang berwarna terang atau netral. Anda juga bisa memperkuat nuansa dramatisnya dengan menggunakan lampu berwarna kontras.

Contoh plafon berwarna gelap (Bobvila)

Contoh plafon berwarna gelap (Bobvila)

Warna-Warna Terang

Tidak ada salahnya mengecat plafon anda dengan warna-warna yang terang dan kuat, seperti warna pirus (torquoise), kuning, atau bahkan orange untuk menciptakan kesan energik. Warna-warna terang cocok diaplikasikan jika dinding rumah dicat dengan warna putih yang dipadukan dengan furniture berwarna netral.

Model plafon rumah minimalis dengan warna terang sangat sempurna untuk menciptakan nuansa menyenangkan. Anda bisa mengaplikasikannya di ruang bermain anak, di kaamar mandi, atau bahkan dapur, di mana dinding biasanya dicat putih dan kebanyakan furniture juga berwarna putih atau monokrom.

Warna Dinding

Anda juga bisa mengecat plafon dengan warna yang seragam dengan warna dinding. Ini akan menciptakan nuansa yang indah. Anda bisa merasakan nuansa warna tersebut secara utuh di dalam ruangan. Memang, jika plafon dan dinding dicat seragam, nuansanya akan sedikit lebih sempit. Jadi, ada beberapa hal kecil yang perlu anda pertimbangkan.

Misalnya, untuk ruangan kecil seperti kamar mandi, pilih warna  yang lebih lembut dan tenang, seperti abu-abu atau biru muda, sehingga ruangan akan terasa tenang dan nyaman. Untuk ruangan yang lebih besar, pilih aksesoris dan furniture secara seksama, sehingga ruangan tidak terasa kosong.

Contoh plafon dapur berwarna terang (Houzz)

Contoh plafon dapur berwarna terang (Houzz)

Rekomendasi Khusus

Anda juga bisa mempertimbangkan warna khusus untuk plafon rumah minimalis modern. Berikut adalah beberapa idenya:

  • Jika loteng atau plafon memiliki sedikit cacat, seperti retak atau gores, maka aplikasi akhir berupa warna matte akan membantu menyembunyikannya.
  • Sentuhan akhir berupa warna glossy bisa anda pilih untuk plafon yang mulus tanpa cacat. Warna glossy akan menambahkan dimensi plafon.
  • Jika plafon anda memiliki desain arsitektur khusus, maka anda bisa menonjolkannya dengan aplikasi warna kontras, bisa berupa warna gelap atau warna yang terang dan kuat.
  • Untuk memberikan sentuhan yang lebih stylish, anda bisa mengecat plafon dengan pola warna khusus, seperti lurik atau geometris. Namun, sebaiknya gunakan skema warna monokrom agar tidak terkesan berlebihan.

Itulah beberapa ide warna untuk desain plafon rumah. Apapun warna yang anda pilih, pastikan anda mempertimbangkannya dengan seksama, dengan memperhatikan elemen lain di dalam ruangan.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

warna-warna inspirasi rumah -desain langit langit rumah elegan -ide mengecet langit langit rumah -inspirasi buat cat plafon -Inspirasi varian warna rumah -plafon desain houzz -rumah 4 warna -warna cat untuk plafon untuk plafon rendah -

Content Protection by DMCA.com