4 Fasad Rumah Modern Minimalis Modern dan Artistik

Hingga menjelang akhir tahun 2016 ini, trend rumah modern minimalis masih tetap bertahan, dan diperkirakan, trend ini akan tetap ada hingga tahun 2017 nanti. Meski demikian, sejumlah variasi di area interior maupun eksterior mulai bermunculan. Di antaranya adalah fasad rumah modern minimalis yang mengadopsi gaya eksterior di negara-negara 4 musim, yakni pengguna pelapis dinding luar alias siding. Hanya saja, para pemilik rumah di tanah air menggunakan siding lebih untuk keperluan artistik.

Fasad Rumah Modern Minimalis dengan siding (Decorandocasas - Pinterest)

Fasad Rumah Modern Minimalis dengan siding (Decorandocasas – Pinterest)

Trend Fasad Rumah Modern Minimalis Terbaru

Nah, jika anda sedang mencari inspirasi fasad rumah bergaya minimalis untuk area eksterior hunian impian anda, berikut adalah gaya siding yang bisa anda adopsi.

Half-Siding

Siding pola kasar dengan garis vertikal merupakan pilihan yang praktis jika anda ingin ‘menyulap’ tampilan luar rumah anda tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Siding seperti ini lebih mudah dikerjakan, karena polanya yang kasar dan pengerjaannya tidak begitu rumit dan detil. Anda bisa memasang siding di fasad depan dan samping rumah hingga batas frame jendela.

Rumah minimalis dengan half-siding (Inspirasi Kehidupan - Facebook)

Rumah minimalis dengan half-siding (Inspirasi Kehidupan – Facebook)

Seperti terlihat pada gambar di atas, anda bisa memilih siding dengan warna yang senada dengan atap rumah dan mengkombinasikannya dengan cat dinding berwarna lembut. Kesan yang ditampilkan sangat natural dan sederhana, namun tidak menghilangkan sisi artistik rumah. Anda juga bisa memvariasikannya dnegan relief batu alam pada tiang teras.

Full Siding

Di negara-negara 4 musim, siding biasanya digunakan untuk melindungi dinding rumah dari efek cuaca ekstrim, seperti salju. Pelindung dinding ini umumnya dipasang di sekeliling rumah untuk melindungi seluruh permukaan dinding. Nah, anda juga bisa mengadopsinya dengan memasang relief pada sekeliling rumah. Tentunya, dibutuhkan biaya yang lebih besar serta waktu yang lebih lama untuk pengerjaannya. Namun, hasil yang diperoleh akan sebanding dengan modal yang anda keluarkan.

Rumah minimalis dengan full-siding (Inspirasi Kehidupan - Facebook)

Rumah minimalis dengan full-siding (Inspirasi Kehidupan – Facebook)

Anda bisa memilih siding dengan motif kasar atau halus. Seperti terlihat pada gambar di atas, siding motif halus tentunya lebih rumit, namun hasilnya lebih artistik. Pilih motif horizontal untuk memberikan efek lebih panjang pada tampilan fasad rumah minimalis modern. Namun, jika anda menginginkan efek yang lebih tinggi, maka pilih siding motif vertikal.

Mixed Siding

Pilihan berikutnya adalah menggunakan siding dari beberapa bahan yang berbeda. Bahan yang paling populer untuk siding antara lain, bata ekspos, batu alam, kayu, logam, dan vinyl. Jika rumah anda terdiri dari dua lantai, anda bisa membagi tampilan rumah ke dalam dua atau lebih segmen yang berbeda melalui penggunaan bahan siding yang berbeda pula.

Siding Batu Alam

Siding berbahan batu alam lazim digunakan pada rumah-rumah bergaya country-Eropa. Batu alam memberikan tampilan yang natural pada hunian anda, karena sifatnya yang mudah menyatu dengan alam sekitar. Batu alam tahan lama dalam cuaca apapun. Namun, batu alam juga memerlukan pemeliharaan rutin agar tidak berlumut, terutama jika sering terpapar air hujan. Selain itu, siding batu alam memerlukan biaya yang lebih besar.

Rumah modern minimalis dengan siding campuran (HomeAdore - Pinterest)

Rumah modern minimalis dengan siding campuran (HomeAdore – Pinterest)

Anda bisa memasang siding pada sebagian fasad rumah modern minimalis anda, jika tujuan anda hanya untuk mempercantik tampilan rumah. Misalnya, anda bisa memasangnya pada tiang teras, dinding depan rumah di sekitar bingkai jendela, atau salah satu dinding yang dominan di bagian depan rumah.

Tentunya, masing-masing bahan yang anda gunakan untuk menghiasi tampilan fasad rumah modern minimalis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pastikan anda memilihnya secara seksama, sesuai kondisi cuaca, curah hujan, maupun kelembaban di area tempat tinggal anda. Mintalah pendapat ahli untuk memberikan pertimbangan, agar anda tidak salah memilih.

 


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rm minimalis -desain rumah kecil artistik -gbr rumah mewah beserta isinya -

Content Protection by DMCA.com