3 Tema Rumah Tingkat Minimalis Yang Tengah Populer

Memiliki rumah yang indah dan juga nyaman, pastinya adalah impian setiap keluarga. Salah satu pilihan yang tengah digandrungi saat ini adalah rumah tingkat minimalis yang mempunyai banyak ruangan. Hal itu tentu saja dapat dimanfaatkan untuk ruangan pendukung lainnya. Model hunian dengan dua lantai memang menyuguhkan kesan tersendiri bagi pemiliknya. Selain ruang hunian yang lebih lapang, rumah tingkat juga merupakan pilihan untuk wilayah perkotaan di mana lahan untuk perumahan sangat terbatas.

Rumah tingkat minimalis bernuansa modern dan alami

Rumah tingkat minimalis bernuansa modern dan alami (Houzz)

Pada zaman dahulu seseorang yang memiliki rumah 2 lantai kerap dianggap sebagai suatu simbol materi atau kekayaan dari kesuksesan semata. Namun berbeda halnya dengan sekarang yang lebih mengutamakan fungsi dan efektivitas pemanfaatan lahan.

Rumah Tingkat Minimalis Bernuansa Modern-Kontemporer

Ketika anda berniat untuk membangun rumah, tentu diperlukan beberapa alternatif desain rumah tingkat minimalis agar anda bisa memilih sesuai selera dan budget. Rumah bernuansa modern dan kontemporer sedang booming saat ini. Hunian seperti ini ditandai dengan esksterior maupun interior yang rapi dengan bentuk geometri sederhana. Meski tampak minimal, rumah tingkat modern-kontemporer cocok dipadukan dengan lahan yang terbatas, tanpa banyak ornamen yang hanya memboroskan lahan dan ruangan.

Rumah tingkat minimalis kontemporer

Rumah tingkat minimalis kontemporer (Houzz)

Selain itu, rumah modern-kontemporer juga lebih dekat dengan alam. Hal ini ditandai dengan penggunaan material alam seperti batu kali, bata ekspose, dan kayu di beberapa elemen, baik eksterior maupun interior. Panel-panel kaca besar dipilih untuk menghemat energi, karena di siang hari anda tidak membutuhkan listrik sebagai sumber penerangan.

Ruang keluarga bertema modern dengan furniture minimalis

Ruang keluarga bertema modern dengan furniture minimalis (Houzz)

Rumah Tingkat Minimalis Bertema Klasik

Banyaknya unsur modern yang digunakan bukan berarti tema lainnya juga tak mempunyai keunggulan. Saat mengamati gambar rumah tingkat minimalis versi klasik, anda akan menemukan sesuatu yang khas. Biasanya, rumah klasik lebih cenderung menekankan lengkung, seperti pada rangka pintu dan jendela, serta beberapa ornamen di dalam maupun luar. Namun, jika anda tetap ingin mengusung tema minimalis, maka ada beberapa modifikasi yang perlu anda lakukan.

Rumah tingkat minimalis bertema klasik dengan atap pelana runcing

Rumah tingkat minimalis bertema klasik dengan atap pelana runcing (Houzz)

Rumah yang memiliki desain tak terlalu mewah ini dapat digabungkan dengan unsur modern tanpa mengurangi sisi klasiknya. Misalnya, padukan atap minimalis model datar dengan kerangka pintu dan jendela berbentuk lengkung. Atau sebaliknya, padukan jendela dan bukaan berbentuk segi empat dengan atap model pelana atau perisai yang dibuat tinggi.

Rumah tingkat minimalis Bertema Etnis

Model rumah tingkat minimalis berikutnya yang bisa anda pertimbangkan adalah rumah bertema etnis. Rumah model ini muncul sebagai reaksi terhadap semakin memudarnya unsur-unsur budaya lokal di tengah-tengah masyarakat modern. Dominasi teknologi dan informasi telah membuat banyak orang terhanyut sehingga melupakan kekayaan budayanya sendiri. Nah, kesadaran akan hal itu salah satunya tercermin dalam dunia arsitektur.

Ruang tamu bertema etnis dengan ornamen serba etnik

Ruang tamu bertema etnis dengan ornamen serba etnik (Houzz)

Banyak calon pemilik rumah dengan sengaja memadukan sentuhan etnis pada rumah minimalis. Meski ornamen yang digunakan tidak serumit rumah etnis tradisional, penggunaan elemen-elemen tertentu membuat nuansa etnisnya sangat kentara. Misalnya, anda bisa menggunakan karpet atau hiasan dinding bertema etnis untuk menekankan nuansa ini di area interior.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

tema rumah -tema rumah minimalis -rumah atap pelana -atap model pelana -rumah tingkat 3 -rumah mewah tema clasik -rumah minimalis bolong tengah -tema tema arsitektur rumah tinggal 2 lantai -

Content Protection by DMCA.com