3 Ide Taman Minimalis Dalam Rumah Bernuansa Tropis

Sebuah rumah tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran sebuah taman. Meskipun sebenarnya taman, seperti taman minimalis dalam rumah, bukan merupakan kebutuhan wajib. Taman memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya adalah untuk mempercantik tampilan rumah, membuat rumah sejuk, dan tempat bersantainya para anggota keluarga. Akhir-akhir ini, dengan keterbatasan lahan, tidak semua taman bisa ada di dalam rumah, terutama pada rumah minimalis.

taman minimalis dalam rumah tropis

taman minimalis dalam rumah tropis (Haybert)

Rumah minimalis hanya sedikit sekali menyisakan lahan untuk taman. Apalagi jika rumah tersebut telah menghabiskan seluruh lahan untuk bangunan. Jika ini terjadi pada rumah Anda, mungkin Anda membutuhkan taman minimalis dalam rumah.

Konsep Tropis Untuk Taman Minimalis Dalam Rumah

Konsep tropis dalam dunia arsitektur memberikan tampilan yang bernuansa alam dengan memanfaatkan warna dan bahan berbau unsur alam. Konsep ini sangat tepat jika dipakai dalam membangun taman minimalis di dalam rumah. Taman dalam rumah minimalis harus dirancang dengan sebaik-baiknya. Rancangan harus benar-benar memanfaatkan lahan dengan efisien, karena biasanya lahan dalam rumah untuk taman tidaklah luas.

Taman indoor tropis dengan media tanam pot

Taman indoor tropis dengan media tanam pot (Thedcard)

Batu Alam

Konsep tropis biasanya memanfaatkan batu alam, batu koral dan batu kacang. Batu-batu ini akan menjadikan taman Anda sangat menyatu dengan alam. Pemanfaatan batu alam biasanya diletakka pada salah satu dinding tembok pembatas taman. Batu alam yang digunakan disusun hingga puncak tembok dengan luas yang bervariasi. Luasnya tergantung selera si pemilik rumah. Sedangkan batu koral biasanya digunakan sebagai pengganti rumput.

Taman Minimalis Dalam Rumah dengan batu alam

Taman Minimalis Dalam Rumah dengan batu alam

Tanaman Rendah

Tanaman yang sering dimanfaatkan untuk taman dalam rumah adalah tanaman yang rendah, tidak menjalar seperti melati mini, pandan bali, anthurium, bonsai dan sansivera. Hindari menanam pohon pada taman minimalis  dan juga bunga pisang-pisangan dan palem mini. Tanaman ini memberikan kesan semak pada bagian dalam rumah. Taman dalam rumah dengan model minimalis sebaiknya memberikan kesan yang lapang dan bersih.

Bagi yang memiliki dana berlebih, Anda bisa membuat jalan setapak yang biasa terbuat dari batu dengan menggantinya menjadi parkit. Parkit  atau lantai kayu akan membuat taman Anda menjadi semakin cantik dan juga bernuansa sangat alamiah.

Taman dalam rumah dengan tanaman hias rendah

Taman dalam rumah dengan tanaman hias rendah (Jenniferrana)

Tambahan Kolam Pada Desain Taman Minimalis Dalam Rumah

Taman minimalis untuk di dalam rumah akan semakin tampil menarik dan cantik dengan penambahan kolam. Kolam yang ditambahkan pada desain taman minimalis dalam rumah akan membuat rumah semakin sejuk Namun jangan buru-buru Anda membayangkan kolam renang. Kolam yang dimaksud adalah kolam ikan atau kolam hiasan saja. Kolam sangat keren jika disatukan dengan batu alam yang telah diletakkan pada tembok. Kolam pun lebih baik jika dibangun dengan bahan andesit atau batu alam. Jika Anda tidak ingin memelihara ikan, biarkan saja kolam sebagai hiasan belaka.

Taman indoor dengan pergola dan kolam

Taman indoor dengan pergola dan kolam (Thaigardendesign)

Taman minimalis dalam rumah bisa memiliki banyak tipe rancangan. Untuk mewujudkan taman minimalis yang menarik dan mampu memberikan kesegaran dan kesan luas pada ruangan-ruangan yang terdapat dalam rumah, buatlah agar taman memiliki tanaman yang tidak memberikan kesan ramai dan berukuran besar. Hindari pemakaian rumput sehingga taman benar-benar tampil resik dan enak dipandang mata.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

taman kecil minimalis batu alam -interior rumah minimalis tropis -taman batu -hiasan dalam taman -foto taman minimalis sansifera -taman batu padas -tanaman di taman indoor -gambar rumah bernuansa tropis -

Content Protection by DMCA.com