3 Desain Atap Rumah Modern Paling Populer

Atap pada rumah memang mempunyai fungsi utama sebagai pelindung dari sengatan cahaya matahari dan air hujan, tetapi dengan semakin beragamnya desain rumah-rumah modern, atap rumah dapat berfungsi sebagai pendukung estetika rumah. Teras yang merupakan bagian terdepan rumah Anda, tentu akan semakin menonjol unsur estetikanya jika Anda menerapkan desain atap yang unik dan tidak biasa.

Desain Atap Rumah Modern Model Datar

Desain Atap Rumah Modern Model Datar (Gharexpert)

Semakin sederhana desain atap rumah Anda maka keseluruhan bangunan akan semakin terlihat mewah dan elegan. Bahan yang dapat digunakan sebagai material atap rumah modern adalah cor beton sehingga tak diperlukan adanya genting pada atap. Tetapi jika Anda ingin membuat tampilan alami pada rumah, atap genting dapat menjadi pilihan.

Atap Rumah Minimalis Bernuansa Modern

Untuk rumah berkonsep minimalis desain atap yang saat ini banyak digemari semakin beragam sehingga Anda akan mempunyai banyak pilihan, seperti misalnya bentuk limas atau segiempat dengan atap plafon. Atap plafon banyak digemari karena dapat meredam suara air hujan juga membuat udara dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Bahan-bahan yang dapat dipilih adalah atap rumah tanah liat, atap rumah baja ringan, atau asbes. Kekurangan dari bahan asbes adalah menyerap cahaya matahari sehingga bagian dalam rumah menjadi panas, tetapi kelebihan material ini adalah harganya yang murah.

Atap Model Sandar yang Unik pada Rumah Mininalis 2 Lantai

Atap Model Sandar yang Unik pada Rumah Mininalis 2 Lantai (Realestate)

Pilihan Model Atap Rumah Minimalis

Atap rumah dengan karakteristik modern semakin banyak disukai seperti misalnya desain atap pelana, atap datar, atap sandar, hingga atap perisai. Berikut penjelasannya secara lebih rinci.

Atap Model Pelana

Atap Model pelana paling banyak dipilih dari beragam desain karena bentuknya yang paling sederhana. Pada model atap ini terdiri dari  2 sisi yang lalu menyatu pada garis pertemuan atau yang sering diistilahkan dengan bubungan. Kelebihan desain atap rumah modern ini adalah efektif dalam menyerap sengatan matahari dan dapat langsung mengalirkan tetesan air hujan ke bawah. Bentuk lain yang juga banyak diminati  adalah modifikasi dari rancangan atap pelana yaitu atap perisai.

Rumah minimalis dengan atap model pelana yang unik

Rumah minimalis dengan atap model pelana yang unik (Propertykita)

Atap Model Perisai

Yang dimaksud atap perisai adalah atap yang berupa bidang miring pada keseluruhan sisi dan terbentuk dari dua bidang trapesium dan segitiga. Dengan sudut 30 hingga 40 derajat pada bagian atap perisainya, atap ini mempunyai cukup banyak kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut adalah, memberikan perlindungan dari  siraman air hujan dan sengatan matahari pada hampir seluruh bagian dinding luar. Dengan demikian resiko kerusakan struktur bangunan dapat diminimalkan karena dapat membelokkan arah angin ke atas dengan bentuknya yang sedikit miring.

Atap Model Perisai pada Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Atap Model Perisai pada Rumah Minimalis Modern 2 Lantai (Realestate)

Atap Model Datar

Selain kedua desain atap rumah yang telah diulas di atas, bentuk yang juga banyak diterapkan pada rumah-rumah modern kontemporer berbentuk segiempat atau kubus. Sayang bentuk atap seperti ini memperbesar potensi kebocoran karena air hujan akan sulit mengalir ke bawah. Namun, hal ini dapat diakali dengan mendesain atap pada kemiringan tertentu, sehingga air hujan tidak tertahan di atap. Jadi, bentuk atap yang mana yang menjadi favorit Anda?

Atap Model Datar Dimodifikasi berbentuk Miring untuk Mengalirkan Air Hujan

Atap Model Datar Dimodifikasi berbentuk Miring untuk Mengalirkan Air Hujan (Realestate)


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

atap rumah miring satu arah -rumah atap pelana modern -cor rumah modern -model atap rumah minimalis 2015 -desain atap rumah modern -model atap pelana -rumah minimalis atap segitiga -foto bubungan rumah -

Content Protection by DMCA.com